Kamis, 01 November 2012

9 kejadian konyol saat komputer pertama muncul


Setiap ada barang revolusioner baru yang muncul. Ada saja hal-hal aneh yang ikut nimbrung disisinya. Salah satunya adalah ketika komputer pertama kali muncul. Ketika saat ini balita pun mungkin sudah bisa memegang dengan benar benda bernama "Mouse", saat itu orang dewasa pun masih bingung bahkan ketakutan sama yang namanya Mouse. langsung aja cek gan :

Spoiler for cek cik brot:

kabar--aneh.blogspot.com - 9 Kejadian Super Konyol Saat Komputer Pertama Kali Booming

Spoiler for cek cik brot:

1. Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah "Press ANY Key" menjadi "Press ENTER Key" dikarenakan banyaknya telefon yang menanyakan letak tombol "ANY" di keyboard.

2. AST Technical Support menerima laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse. Saat Techinal Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa digunakan... karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Penggunanya (seorang wanita) takut dengan mouse (tikus) sehingga tidak berani mengeluarkannya dari dalam plastik. Takut diserang mouse komputer?

3. Di tahun 1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Teknisi Compaq pernah menerima keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca oleh drive-disk komputer. Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.

4. Sebuah keluhan lain dari konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang sulit dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima foto kopi disket dari konsumen tersebut.

5. Seorang konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer. Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan kalau konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara memegang kertas yang akan di fax di depan monitor, sambil menekan tombol "SEND" di layar.

6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia menjelaskan, "Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, dan membilasnya dengan air, lalu menjemurnya.

kabar--aneh.blogspot.com - 9 Kejadian Super Konyol Saat Komputer Pertama Kali Booming

7. Seorang konsumen DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru dibelinya. "Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya tekan pedal kaki, tidak terjadi apa-apa." Setelah diselidiki ternyata "pedal kaki" yang dimaksud orang itu adalah : mouse.

8. Seorang lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah "power switch" sudah dinyalakan, dia balik bertanya, "Power switch apa?"

9. Berikut adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen :

Penelepon (X) : Hallo, dengan Tech Support?

Novell (Y) : Ya, bisa dibantu?

(X) : Tatakan cangkir di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya?

(Y) : Tatakan cangkir? Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer?

(X) : Tidak. Tatakan cangkir ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan "CD-ROM, 16X".

kabar--aneh.blogspot.com - 9 Kejadian Super Konyol Saat Komputer Pertama Kali Booming

=14610122 

DI BALIK KEKUATAN SEBUAH ASPEK CERITA DALAM VIDEO GAME


Siapa sangka kalau sebuah game mampu memberikan kesan yang begitu mendalam, ngga hanya bagi gamer saja tapi juga bagi non-gamer yang sudah cukup berumur sekalipun.
Sebuah kisah yang diceritakan dan mampu meninggalkan kesan yang mendalam, sangat sedikit developer game yang mampu membuat game yang memiliki aspek cerita yang begitu kuat.
Seperti yang diceritakan dalam salah satu artikel dari Rockstar tentang kedua game mereka, seperti L.A. Noire dan Max Payne 3 yang mampu memberikan kesan tersendiri bagi mereka yang memainkannya.

TENGGELAM DALAM KENANGAN MESIN WAKTU L.A. NOIRE

Tahu bagaimana respon sang ayah? Ia hanya terdiam, tercengang melihat kenangan-kenangan masa lalunya sewaktu ia masih sangat muda dan hidup bersama ayahnya, yang tak lain adalah kakek dari Christian. Kakek Christian yang bernama Harry Edward Donlan, merupakan anggota kepolisian Los Angeles. Ayah Christian pun mengingat bagaimana kelamnya kota Los Angeles pada masa itu, dan bagaimana kemiripan kehidupan karir polisi Los Angeles di dunia nyata dengan versi dalam game L.A. Noire.
Salah satu penulis Eurogamer, Christian Donlan menuliskan artikel tentang pengalamannya yang mencoba mengajak orang tua, yang tak lain tak bukan adalah ayahnya sendiri untuk mencoba merasakan se-realistis apakah kota Los Angeles dalam game L.A. Noire dengan kota Los Angeles versi aslinya. Ayahnya termasuk orang yang skeptis akan video game layaknya orang tua kita kebanyakan. Dia percaya kalau video game itu hanyalah permainan yang cocok untuk orang-orang yang suka menyepi, semedi, dan semacamnya untuk berdiam dan ngga keluar kamar. Namun setelah Christian mencoba meyakinkan ayahnya bahwa ia hanya sekedar ingin mengetahui respon sang ayah tentang gambaran kota Los Angeles semasa ayahnya kecil dalam game L.A. Noire, akhirnya sang ayah pun mencoba.
Meski ngga sepenuhnya mirip dengan kota Los Angeles versi aslinya, L.A. Noire mampu membangkitkan kenangan-kenangan indah semasa ayah Christian hidup bersama ayahnya, Harry Edward Donlan di kota Los Angeles pada era 1940-an.

KARAKTER MAX PAYNE SEBAGAI CERMINAN DIRI

Max Payne, seorang tokoh fiktif dalam serial game Max Payne yang memiliki masa lalu yang kelam dan seringkali masalah menemukan dirinya. Demi menyingkirkan semua pelik kehidupan dari pikirannya meski hanya untuk sementara, ia melampiaskannya dengan menggunakan obat-obatan dan minuman keras. Sepertinya sudah menjadi pemandangan yang cukup lumrah akan mereka yang merasa ngga sanggup menanggung beban hidup dan pilihannya berakhir di botol minuman. Namun siapa sangka karakter Max yang demikian justru mampu menolong seorang gamer keluar dari bayang-bayang kelam pola hidup Max?
Yup, seorang pemuda yang juga menjadi salah satu member Destructoid bernama Apathy McSwaggerton ini menceritakan cerminan diri yang ia lihat dalam diri Max Payne. Hampir keseluruhan kehidupan sosialnya mulai dari sahabat, bahkan dengan keluarganya bisa dibilang sangat buruk. Kelangsungan karirnya pun terancam. Ia tenggelam dalam depresi yang teramat dalam. Lalu seperti yang bisa kalian tebak, ia memilih minuman keras sebagai jalan pelariannya.
Namun begitu melihat karakter Max yang digambarkan dalam Max Payne 3, ia seolah melihat cerminan wajah dirinya yang sekarang, tukang minum yang mencoba kabur dari masalah hidupnya. Apathy begitu membenci karakter semacam itu, terlebih lagi ia benci dirinya sendiri. Tapi seiring dengan cerita dalam Max Payne 3, Apathy menemukan kenyataan bahwa ternyata Max juga mengambil keputusan untuk mencoba memperbaiki hidupnya dan mulai sedikit demi sedikit meninggalkan dunia minuman keras. Dari situ ia merasa seperti mendapat seorang teman yang ikut berjuang keluar dari masalah berat yang selama ini membelenggunya, dan pada akhirnya kini ia jadi pribadi yang lebih baik.

INILAH ALASAN MENGAPA ASPEK CERITA DALAM GAME ITU PENTING

Ngga nyangka kan sebuah game ternyata juga memiliki kemampuan untuk memberikan pengalaman dengan kesan yang begitu mendalam,  bahkan bagi non-gamer sekalipun. Kuatnya aspek cerita yang diangkat dalam game tak ubahnya seperti yang biasa kamu lihat dari sebuah film. Game juga mampu menjadi sebuah media untuk bercerita, untuk mengangkat sebuah kisah yang terkadang mampu menginspirasi banyak orang.
Lalu aspek apa saja yang harus diperhatikan developer untuk dapat membuat alur cerita yang sangat berkesan?
Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan developer dalam membuat aspek cerita yang berkesan dan berkualitas:
  • PASSION, seperti yang pernah diungkapkan dalam artikel Berbagi Mimpi dengan Menjadi Seorang Game Developer, seorang developer harusnya memiliki passion yang kuat dimana ia mengerahkan seluruh kemampuan dan emosinya ke dalam game yang ia buat. Tentunya bukan berarti passion hanya harus dimiliki oleh staf penulis cerita saja, tapi juga oleh semua staf developer yang bekerja.
  • RISET, seberapa kuat risetmu menunjukkan seberapa kuat passion yang kamu miliki. Riset menjadi salah satu tahapan penting bagi developer terutama jika mereka ingin mengangkat tema suatu game yang terkait dengan realita, baik itu sejarah kisah hidup seseorang maupun suatu tempat. Contoh tim studio yang bisa kalian lihat adalah Rockstar (Grand Theft Auto, Red Dead Redemption, Max Payne), Team Bondi (L.A. Noire), Naughty Dog (Uncharted), dan Thatgamecompany (Journey).
  • GAYA VISUAL, apakah tim developer ingin mengambil gaya visual realistis, semi-kartun, atau kartun sepenuhnya. Memang ngga ada ketentuan bahwa aspek cerita yang kuat harusdiceritakan dengan tampilan realistis untuk dapat dipahami, namun sepertinya gaya visual realistis lebih memberikan efek kesan yang lebih mendalam dibanding gaya visual lain. Seolah-olah kamu seperti sedang melihat kisah hidup orang lain yang memiliki aspek cerita yang bagus dan kuat.
Cukup banyak game yang mampu berbagi kisah menarik yang meninggalkan kesan mendalam semasa hidup kita. Entah apapun bentuk emosi yang diceritakan, game menjadi salah satu media yang cukup bagus untuk bercerita karena memiliki sisi interaktif yang mampu membuat kita tenggelam di dalamnya.

Bagaimana denganmu? Game dengan cerita paling berkesan apa yang pernah kamu mainkan semasa hidupmu?